Text
Metode pendidikananak muslim usia sekolah
Pakar psikologi dalam mempelajari anak mengklasifikasikan mereka dalam dua ketegori; kategori umur dan karakter. Dua anak yang berumur sepadan belum tentu karakternya sama, terkadang salah satu dari mereka lebih dewasa. Dan sebaliknya, dua anak yang berkarakter sama belum tentu umurnya sepadan.
Buku ini mencoba mengulas anak dari sisi umur; usia awal sekolah hingga menginjak dewasa (7-9). Berbeda dengan usia (4-6) yang masih suka meniru karakter orang tuanya, maka usia (7-9) sudah memulai mencari jati dirinya. Untuk itu orang tua harus mengantisipasi gejala tersebut sejak dini.
Penulis buku ini, Ahmad Sulaiman memberikan solusi pendidikan anak usia (7-9) dengan metode amar ma'ruf nahi munkar. Dia memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi dan berkreasi. Namun ketika menjurus kepada hal-hal negatif dia tidak semerta-merta memangkas kreatifitasnya. Dia lebih cenderung memberikan solusi alternatif lain untuk membelokkan karakter negatif anak. Dengan sendirinya sang anak akan lupa dan melupakan kreasi negatifnya.
Buku ini sangat disukai oleh para pendidik, guru, dan orang tua. karena menggabungkan antara metode dakwah dan tarbiyah. Dalam sistematika, penulis menyebutkan al-Qur'an, hadis, dan cerita fakta dari para sahabat disertai dengan nasihat.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain